Tuberkulosis, Penyakit Menular yang Dapat Disembuhkan

/ / Artikel Kesehatan, Citra Raya Tangerang

tuberkulosis 2
Penyakit tuberkulosis masih menjadi stigma buruk dimasyarakat. Padahal bila minum obat dengan teratur dan sesuai, penyakit ini dapat disembuhkan. Dengan mengetahui lebih banyak tentang TB diharapkan masyarakat dapat berperan serta menurunkan angka kesakitan dan kematian.

Apa itu Tuberkulosis / TB / TBC ?

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini biasanya menyerang paru-paru. Selain paru, bakteri tuberkulosis sebenarnya juga bisa menyebar ke ginjal, tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, jantung, hingga otak.

Bagaimana penularan TB?

Tuberkulosis menyebar melalui udara ketika seseorang dengan infeksi TB aktif, batuk, bersin atau menyebarkan butiran ludah mereka melalui udara dan terhisap oleh orang yang tidak sakit.

Tuberkulosis 1

Gejala penyakit TB

– Batuk selama 2 minggu atau lebih
– Lemah, Letih & Lesu
– Penurunan berat badan
– Kehilangan nafsu makan
– Demam & menggigil
– Berkeringat di malam hari.

Bagaimana mendiagnosis TB

– Rontgen dada.
– Tes Mantoux (Screening).
– Tes darah.
– Tes dahak.

tuberkulosis 3

Pengobatan TB

Waktu pengobatan TB adalah 6 s/d 12 bulan atau lebih tergantung hasil diagnosis dokter. Namun banyak penderita yang suka lupa minum obat atau sengaja berhenti karena sudah merasa sehat atau karena masalah biaya.

Keteledoran ini dapat merugikan dirinya sendiri dan membahayakan orang lain, seperti :

– Bakteri menjadi resisten atau kebal terhadap obat TBC yang sebelumnya dan akan dikonsumsi.
– Akibatnya, gejala TBC yang dialami semakin parah karena bakteri terus berkembang biak dalam tubuh.
– Menularkan penyakit infeksi ke orang lain.

Orang yang berisiko tertular TB

– Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti pengidap HIV/AIDS, diabetes, atau orang yang sedang menjalani kemoterapi.
– Orang yang mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi.
– Perokok & Pecandu narkoba.
– Orang yang sering berhubungan dengan pengidap TB aktif, misalnya petugas medis atau keluarga pengidap.

tuberkulosis 4

Bagaimana mencegah TB

Vaksinasi BCG pada bayi dan deteksi dini penyakit TB serta menyembuhkan orang yang sakit sampai tuntas adalah cara untuk mencegah penularan TB.

Pemberian penyuluhan tentang penyakit TB, diharapkan masyarakat lebih waspada terhadap gejala penyakit TB yang bisa saja dialami mereka ataupun orang-orang terdekat mereka. Dan mengetahui tindakan apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah TB dan yang harus dilakukan bila mengalami gejala seperti TB.

Karena kuman TB bisa ada dimana saja, pencegahan yang paling efektif adalah gaya hidup sehat untuk menunjang ketahanan tubuh kita:

– Gizi yang baik
– Cukup istirahat
– Jangan Stres Fisik & Mental

Strategi meminum obat yang teratur

– Letakkan obat pada tempat yang Anda biasa melakukan kegiatan rutin. Misalnya di meja makan, sehingga setiap Anda sarapan, makan siang dan makan malam akan melihat obat tersebut.
– Buat pengingat /alarm di jam atau telepon genggam Anda. Hal ini akan memudahkan mengingat bahwa Anda harus minum obat setiap hari.
– Minta bantuan orang terdekat Anda untuk mengingatkan, ketika datang waktunya minum obat. Anda dapat memintanya untuk menjadi pengawas minum obat pribadi Anda.

Sumber: dr. Hezza Bigitha, Sp.P Dokter Spesialis Paru, Ciputra Hospital CitraRaya